PUBLIKASI
Newsletter Desember 2018 Light Version - ID
Newsletter
Deskripsi

Perubahan iklim pada akhirnya akan mengubah jasa lingkungan yang ada di suatu wilayah, mengubah komoditas yang mampu tumbuh di suatu lokasi, dan lebih lanjut mengubah pilihan aktivitas ekonomi masyarakat. Pertanian peka iklim dapat membantu petani untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim, sekaligus melakukan usaha-usaha yang dapat mengurangi keparahan atau frekuensi dampak perubahan iklim. Dalam edisi ini, kami menampilkan beberapa praktek pertanian yang peka iklim, baik yang sudah dilakukan di Indonesia maupun yang dilakukan di belahan lain dunia, supaya dapat menjadi pelajaran bagi para petani dan masyarakat Jawa Tengah.

DOWNLOAD
Newsletter September 2018 Light Version - ID
Newsletter
Deskripsi

Manusia sangat bergantung pada alam, sehingga sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk merawat kelestariannya. Namun nyatanya manusia juga menjadi salah satu penyebab menurunnya kualitas lanskap. Salah satunya dengan membuang limbah dengan sembarangan. Padahal jika diolah dengan baik, limbah masih mampu memberikan manfaat, tidak hanya bagi sektor pertanian, tapi juga untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga dan sebagai sumber energi alternatif. Newsletter kali ini menyoroti beberapa permasalahan dan pemanfaatan limbah dari sektor pertanian.

DOWNLOAD
Newsletter June 2018 Light Version - ID
Newsletter
Deskripsi

Penanganan paska panen dan pemasaran bersama adalah dua hal yang kadang kala dianaktirikan dalam kegiatan-kegiatan peningkatan produksi pangan, karena tidak berkaitan langsung dengan kegiatan produksi itu sendiri. Oleh karenanya, newsletter edisi Juni ini hendak mengangkat kedua permasalahan ini sebagai topik utama dalam edisi kali ini. Dalam edisi ini, pembaca akan menemukan berbagai informasi mengenai berbagai sudut pandang dan upaya terkait penanganan paska panen dan pemasaran hasil pertanian. 

DOWNLOAD
Newsletter April 2018 Light Version - ID
Newsletter
Deskripsi
DOWNLOAD
Newsletter September 2017 Light Version - ID
Newsletter
Deskripsi

Pengelolaan sumber daya alam yang efektif, yang merupakan esensi dari pengelolaan lanskap berkelanjutan, adalah target penting untuk untuk mewujudkan produksi pangan yang bertanggung jawab. Business Watch Indonesia bekerja sama dengan Solidaridad mengadakan serangkaian kegiatan untuk memotivasi petani di Jawa Tengah untuk melakukan praktek-praktek pertanian yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan mengembangkan 6 lahan percontohan di Kabupaten Wonogiri, Sragen, Sukoharjo, Klaten, Boyolali dan Purworejo. Newsletter edisi ini secara khusus mengulas mengenai praktek-praktek pertanian yang diterapkan pada lahan-lahan percontohan tersebut dan pembelajaran yang diambil darinya.

DOWNLOAD
Newsletter June 2017 Light Version - ID
Newsletter
Deskripsi

Edisi kali ini mengulas tentang peluncuran Sekretariat Kawasan Pangan Berkelanjutan - sebuah platform para pemangku kepentingan - di Semarang. Pembangunan lanskap Jawa Tengah melibatkan banyak sektor yang saling beririsan, sehingga pendekatan sektoral tidak lagi efektif untuk pembangunan yang berkelanjutan.  Platform tersebut diharapkan dapat menjadi wadah untuk  mensinergikan program dan kebijakan di Jawa Tengah untuk mendukung pengelolaan lanskap secara bertanggung jawab dan ramah lingkungan.

DOWNLOAD